Tentang Tokopedia : Tugas Softskill 1 Pengantar Bisnis Informatika
Tokopedia
Tokopedia.com merupakan
salah satu mal online di Indonesia yang mengusung model
bisnis marketplace. Sejak diluncurkan hingga akhir 2015, layanan dasar
Tokopedia bisa digunakan oleh semua orang secara gratis.
Tokopedia memiliki visi
untuk "Membangun Indonesia yang Lebih Baik Lewat Internet", Tokopedia
memiliki program untuk mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah
(UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk
secara online.
Pencapaian yang bisa
dibilang luar biasa, dan juga sebagai contoh nyata bagaimana sebuah startup
kecil yang mampu menghasilkan uang cukup besar dalam waktu yang singkat. Memang
sih, angka satu milyar itu hanya total transaksinya saja. Profit yang diambil
oleh Tokopedia dari situ ya belum tahu juga, mungkin hanya sekian persen atau
bahkan tidak mengambil potongan sama sekali atau dapat dikatakan tokopedia
masih gratis.
Sejarah
pendirian
Ide pendirian Tokopedia tercetus di benak kedua co-foundernya,
William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison, ketika menyadari belum
adanyamarketplace yang bagus untuk memfasilitasi jual-beli yang aman dan
nyaman di Indonesia. Ide pendirian tersebut baru terealisasi pada tahun 2009,
tepat pada tanggal 17 Agustus 2009 website Tokopedia diluncurkan secara publik
dalam versi beta.
Sejak didirikan 5 tahun lalu, tepatnya pada
17 Agustus 2009, mal online Tokopedia mengaku belum mendapatkan keuntungan.
Pasalnya, hingga saat ini layanan yang disediakan Tokopedia kepada setiap
merchant atau toko online, masih gratis.
"Tokopedia akan tetap berkomitemen untuk
menawarkan layanan gratis, yang mana bebas biaya pendaftaran dan bebas komisi
transaksi bagi setiap pengusaha kecil hingga brand yang ingin membuka toko
online," kata CEO Tokopedia, William Tanuwijaya kepada tim Tekno
Liputan6.com di Hotel Le Meridien, Jakarta.
Lalu dari mana Tokopedia mendapat dana untuk
tetap bisa bertahan? William memaparkan, pihaknya mendapatkan suntikan dana
dari pemodal ventura dunia, seperti East Ventures, CyberAgent Ventures, Beenos,
dan Softbank.
"Kami mendapatkan suntikan dana dari
pemodal asing karena hanya mereka yang tertarik untuk menyuntikkan dananya ke
perusahaan internet. Sebelumnya kami sudah berusaha untuk mencari pemodal lokal
sejak tahun 2007, namun tidak ada yang tertarik," tambah William.
Tokopedia mengklaim dirinya sebagai mal
online terbesar di Indonesia, yang memungkinkan setiap individu, toko kecil,
dan brand untuk membuka dan mengelola toko online mereka secara mudah dan
gratis. Tokopedia juga merupakan salah satu tech startup company asal Indonesia
dengan tingkat pertumbuhan yang pesat.
Fakta
dibalik nama tokopedia
Memulai bisnis
internet, biasanya tidak lepas dari perburuan nama domain. Karena nama domain
biasanya sekaligus menjadi nama produk yang dipasarkan. Perjalanan tokopedia
pun tidak lepas dari itu.
Seperti yang
sudah saya ceritakan sebelumnya, pada awal lahirnya ide tokopedia, nama produk
yang pertama tercetus adalah belanjaaman.com; dengan konsep menawarkan sistem
“Belanja Aman” kepada para pelaku pasar transaksi jual-beli online di
Indonesia. Nantinya katakan Nike membuka store di website tersebut, otomatis
mendapatkan nama domain nike.belanjaaman.com. Harapannya, ketika membaca domain
tersebut pengguna internet Indonesia langsung terbentuk mind-set “belanja aman
produk nike di internet”. Ide tersebut luar biasa cheesy, sampai sayapun merasa
malu untuk menceritakannya kembali :P
Leon dan YF
tidak suka dengan nama domain tersebut, dan kamipun berusaha mencari sebuah
nama yang orisinal. Nama pendek, tanpa arti, yang bisa dipasarkan dengan baik.
Nama seperti Yahoo! atau Google.
Perjalanan
mencari nama baru pun dimulai!
Dalam proses
pencarian ide, apapun itu, saya paling banyak melakukannya di 2 aktivitas
berikut:
Pertama, adalah
(maaf) WC kantor. Saya pribadi percaya aktivitas ngeden berbanding lurus dengan
peningkatan konsentrasi dan kreativitas. Bahkan, secara pseudo-science ini
sudah terbukti lewat salah satu TV-Series populer Heroes. Salah satu tokohnya,
Hiro Nakamura harus mengeluarkan ekspresi ngeden terlebih dahulu setiap ingin
mengeluarkan kemampuan super nya. “Concentration & Creativity Booster”
seperti itu tentunya sangat saya butuhkan. Apalagi, jika dipadukan dengan
rangkaian chemistry yang terbentuk dari kelegaan melepaskan bagian-bagian makanan
yang tidak lagi dibutuhkan oleh tubuh! Jackpot!
Nah, sepanjang
tahun 2008 setiap saya ngeden di WC kantor, saat-saat itu tidak jarang, ada
sekelebat ide yang lewat. Salah satunya adalah kopaja.com. Kopaja – toko apa
saja, jualan apa saja! Buru-buru saya bersemangat mengutarakan ide ini kepada
Leon. Tidak tega melihat antusiasme berlebihan saya, dengan sabar dan
hati-hati, Leon pun memberikan saya pencerahan, bahwa:
Kopaja itu nama
koperasi, Koperasi Angkutan Jakarta. Bisa dituntut nantinya.
kopaja.com juga
sudah teregistrasi. Jadi kalaupun bukan nama koperasi, ga bisa dipakai.
Setelah ide
kopaja yang gagal, sempat terbersit ide dari (ntah Leon / Albert) soal nama
indowebstore.com. Hanya saja takut disalah artikan sebagai produk dari PT.
Maxindo Mitra Solusi yang sudah sangat populer di tanah air, indowebster.
Jadinya kami pun terus berputar otak mencari nama yang lebih sesuai.
Tempat kedua
mencari ide, adalah dalam perjalanan pulang kantor naik ojek langganan. Yang
kenal saya secara pribadi, pastilah tahu saya adalah seorang yang tidak
memiliki sense-of-direction. Jika ditinggal di tengah kota Jakarta, selain di
mal-mal besar yang ada blue-bird nya, saya pasti tidak tahu cara untuk pulang.
Sebenarnya
penyebab terbesar saya tidak mempunyai sense-of-direction yang baik, karena
setiap di jalan, saya tidak pernah memperhatikan jalan. Pikiran otomatis
melamun, menerawang jauh kemana-mana.
Di tempat kedua
inilah pada akhirnya ide nama Tokopedia itu datang. Idenya, website e-commerce
ini diharapkan menjadi ensiklopedia toko-toko online di Indonesia. toko +
ensiklopedia = tokopedia. Catchy!
Sesampai di
rumah saya langsung memeriksa domain tokopedia. Semua masih available, baik
.com, .net, .org, .info, dan seterusnya. Besoknya saya langsung mengutarakan
ide soal tokopedia, hanya saja ada kekhawatiran dari team, terkesan plagiat dan
kurang orisinal. Pasalnya, sudah ada wikipedia yang luar biasa populer.
Search Engine Killed the Domain Name Star
Setiap hari di
belahan dunia manapun, ada ribuan orang dengan ide-ide baru yang mengukuhkan
idenya dengan cara reserve nama domain. Khawatir nama domain tokopedia di klaim
oleh pihak lain, akhirnya pada tanggal 30 Mei 2008, kami membeli nama domain
tokopedia.com untuk berjaga-jaga sembari mencari nama ide baru.
Di dunia, sempat
populer istilah “video killed the radio star”. Di dunia internet, ada istilah
“search engine killed the domain name star”. Apa maksudnya?
Ketika bisnis
dot-com meledak di tahun 90-an, banyak sekali spekulan domain yang pekerjaannya
berburu domain untuk kemudian dijual kembali dengan harga mahal ketika ada
perusahaan dengan ide yang membutuhkan nama domain tersebut. Hal ini sebenarnya
masih terjadi sampai detik ini. Hanya saja setelah era Google lahir, peralihan
trend pengguna internet dalam mencari informasi pun berubah. Dulunya, nama
domain sangat vital, karena banyak sekali orang yang menginput nama domain
untuk mencoba melihat apa isi websitenya. Setelah Google lahir, trend pencarian
informasi berubah. Orang mencari informasi yang dibutuhkan, dan apapun nama
domainnya asal isi contentnya relevan, orang akan mengunjunginya. Jika
dianalogikan dengan dunia nyata, restoran, asal menunya enak, mau di dalam gang
kecil pun tetap dicari orang.
Dengan filosofi
restoran itu, akhirnya kami pun siap maju dengan nama Tokopedia. Seperti
restoran dalam gang, dimana masakan yang enak lah yang dijual, bukan lokasi
restorannya; maka di Tokopedia, biar isi content nya lah yang menjadikan
tokopedia terkenal nantinya, bukan nama domainnya.
Perusahaan Internet Indonesia dengan Visi Global
Tokopedia merupakan
perusahaan internet pertama asal Asia Tenggara yang berhasil mendapatkan kepercayaan
pendanaan sebesar 100 juta Dollar dari SoftBank dan Sequoia Capital. SoftBank
merupakan investor di balik kesuksesan Alibaba, sementara Sequoia Capital
merupakan investor di balik kesuksesan Apple & Google.
Kepercayaan yang didapat
Tokopedia menjadi milestone penting karena Indonesia tidak lagi
dipandang sebagai negara pasar, namun telah dianggap mampu menjadi produsen,
melahirkan perusahaan kelas dunia yang mampu bersaing secara global.
1.
Profile Perusahaan
Company Name : Tokopedia
Contact Information
Address : Rukan Permata
Senayan Blok E no 8 Jl Tentara Pelajar Kebayoran Lama
Website : www.tokopedia.com
STRUKTUR ORGANISASI
Direktur Strategi Pemasaran
: DJUANDI
KURNIAWAN
Direktur Relasi dan Investasi : HENDRIK
Direktur Relasi dan Investasi : HENDRIK
Kepala Divisi Gudang &
Persediaan : JOKO SETIYANTO
Kepala Divisi Keuangan dan Akuntansi : ELISABETH
Kepala Divisi Operasional & Pengemasan : JOSEPH
Kepala Divisi Personalia dan kepegawaian : HANA KURNIAWATI
Kepala Divisi Keuangan dan Akuntansi : ELISABETH
Kepala Divisi Operasional & Pengemasan : JOSEPH
Kepala Divisi Personalia dan kepegawaian : HANA KURNIAWATI
Kepala Pelayanan Pelanggan
& Penjualan : DJUANDI KURNIAWAN
2.
Bidang TIK
Tokopedia adalah perusahaan
sebuah perusahaan internet yang bergerak pada bidang jasa untuk membantu orang lain melakukan e-commerce
dengan mudah dan aman.
Jenis Produk yang ditawarkan
tokopedia antara lain :
Pakaian
Fashion & Aksesoris
Kecantikan
Kesehatan
Rumah Tangga
Dapur
Perawatan Bayi
Handphone & Tablet
Laptop & Aksesoris
Komputer & Aksesoris
Elektronik
Kamera, Foto & Video
Otomotif
Olahraga
Office & Stationery
Souvenir, Kado & Hadiah
Mainan & Hobi
Makanan & Minuman
Buku
Software
Film, Musik & Game
Sistem Pembayaran
Sistem pembayaran di Tokopedia.com menggunakan sistem
Rekening Bersama atau escrow. Dalam hal ini, Tokopedia.com berperan sebagai pihak
ketiga yang menengahi antara penjual dan pembeli, sehingga dapat meminimalisir
terjadinya tindak penipuan.
Hingga awal tahun 2015, terdapat 5 metode pembayaran yang
dapat digunakan untuk bertransaksi di Tokopedia.com, antara lain Saldo
Tokopedia, Transfer Bank serta pembayaran instan seperti Mandiri ClickPay, Mandiri E-Cash
dan BCA KlikPay.
3.
Luas Lingkup Area Bisnis
Wilayah
Ruang lingkup wilayah dari Layanan tokopedia.com telah memungkinkan ratusan ribu UKM Indonesia
mengirimkan jutaan produk per bulannya kepada para pelanggannya di seluruh
Indonesia.
Jumlah Karyawan
Tokopedia memiliki karyawan sebanyak 331 orang.
4.
Besar Omset Tokopedia
Pendanaan dari Tokopedia
Sejak pendiriannya lima tahun lalu, Tokopedia selalu
mendapat investasi per tahunnya. Tokopedia mendapatkan pendanaan awal dari PT
Indonusa Dwitama (2009), East Ventures (2010), CyberAgent Ventures (2011),
NetPrice (2012), Softbank Ventures Korea (2013), dan baru-baru ini kembali
mendapatkan pendanaan dari SoftBank dan Sequoia Capital (2014).
Pendanaan terbaru Tokopedia ini bahkan bernilai fantastis
yakni sebesar USD 100 juta! Dengan nilai pendanaan tersebut, Tokopedia mencatat
rekor sebagai startup teknologi yang mendapatkan pendanaan (yang diumumkan ke
publik) terbesar dalam sejarah startup Indonesia dan bahkan Asia Tenggara
(setidaknya seperti yang diklaim William di blog resmi Tokopedia).
Valuasi lebih dari USD 20 juta
Pertumbuhan Tokopedia yang signifikan juga
mempengaruhi valuasinya. Tahun lalu saja, marketplace yang melakukan
monetisasi dari biaya langganan pedagangnya ini mempunyai valuasi senilai USD 20 juta (atau sekitar Rp
241,16 miliar). Itu merupakan angka valuasi tahun lalu, dengan semakin
bertumbuhnya Tokopedia, angka tersebut kemungkinan semakin membesar.
5.
Fakta
yang menarik dari tokopedia
a. Tokopedia adalah website bisnis atau jual beli buatan Indonesia.
William Tanuwijaya adalah penemu, pembuat sekaligus pengembangnya.
b. Tokopedia adalah website bisnis yang sangat menarik dan
menginspirasi. Mengapa? Karena Tokopedia berusaha untuk tidak membuat sekat
dengan para konsumennya, melalui cerita – cerita dan beberapa fitur yang khas
di dalamnya.
c. Tokopedia memiliki
tiga (3) fitur yang tidak dapat ditemui di website bisnis ataupun jual beli
lainnya. Fitur tersebut antara lain; Success story, dimana fitur ini menjadi
wadah berbagi inspirasi kisah sukses dari seseorang yang telah sukses khususnya
di Tokopedia; Behind the Scene, dimana fitur ini Tokopedia berusaha trransparan
dengan konsumennya, yaitu dengan menunjukkan bagaimana Tokopedia bekerja,
bagaimana kekompakkan timnya, dan lain – lain; dan fitur kisah berdirinya
Tokopedia, dimana fitur ini menjadi wadah untuk berbagi cerita mengenai sejarah
berdirinya Tokopedia beserta suka dukanya. Hal ini tentu menginspirasi siapapun
yang membacanya, serta menjadikan konsumen atau user Tokopedia lebih merasa
dihargai.
d. Pada enam bulan
pertama diluncurkan, Tokopedia langsung menjaring 23 ribu lebih anggota aktif,
dengan 2500 toko di dalamnya, dan menawarkan 42 ribu produk baik barang ataupun
jasa.
e. Ide membentuk
online market place seperti Tokopedia ini bermula dari pengamatan William
bersama rekan – rekannya atas fenomena SMS Content dan SMS Broadcasting. Apa
itu SMS Content dan SMS Broadcasting? SMS Content ialah SMS yang biaya
pengirimannya dikenakan pada penerima SMS. Anda ingat tren ketik REG spasi
SESUATU, seperti itu? Ya, itulah SMS Content. Sementara SMS Broadcast ialah SMS
yang berisikan informasi dan biayanya dikenakan pada si pengirim SMS. Biasanya
yang melakukan SMS Broadcast ini ialah suatu instansi ataupun perusahaan yang
ingin mempromosikan produknya.
f. Sebelum membangun
Tokopedia, pemilik Tokopedia yaitu William Tanuwijaya bekerja sebagai IT &
Businees Development Manager. Sungguh menginspirasi karena ia bisa memutar
otaknya dengan menyajikan sebuah terobosan baru di dunia bisnis yang
disesuaikan dengan bidang kerja yang digelutinya.
g. Brainstorming pertama kali mengenai ide
membuat online market place yang akhirnya diwujudkan dalam Tokopedia ini.
h. Inspirasi dari mendirikan Tokopedia, adalah
website Amazon dan Napster. Pendiri Tokopedia menganggap Amazon dan Napster
adalah ide yang usang. Namun berkat kegigihan dan tekadnya, ide tersebut bisa
dikembangkan menjadi website yang menarik, orisinil dan sesuai dengan
masyarakat Indonesia.
6.
Tampilan
Tokopedia
7.
Youtube
6 tahun Tokopedia
Sumber :
Tagged "Tennis" in "Tennis" and "Iron" in the Art of Design
BalasHapusT-Tennis: The titanium flash mica T-Train. Tennis titan metal is titanium chainmail the sportsbook for professional titanium sheet golfers. Tennis is the titanium white octane blueprint most prestigious sport and the