Tentang Tokopedia : Tugas Softskill 1 Pengantar Bisnis Informatika

Tokopedia
Tokopedia.com merupakan salah satu mal online di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace. Sejak diluncurkan hingga akhir 2015, layanan dasar Tokopedia bisa digunakan oleh semua orang secara gratis.
Tokopedia memiliki visi untuk "Membangun Indonesia yang Lebih Baik Lewat Internet", Tokopedia memiliki program untuk mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara online.
Pencapaian yang bisa dibilang luar biasa, dan juga sebagai contoh nyata bagaimana sebuah startup kecil yang mampu menghasilkan uang cukup besar dalam waktu yang singkat. Memang sih, angka satu milyar itu hanya total transaksinya saja. Profit yang diambil oleh Tokopedia dari situ ya belum tahu juga, mungkin hanya sekian persen atau bahkan tidak mengambil potongan sama sekali atau dapat dikatakan tokopedia masih gratis.



Sejarah pendirian
Ide pendirian Tokopedia tercetus di benak kedua co-foundernya, William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison, ketika menyadari belum adanyamarketplace yang bagus untuk memfasilitasi jual-beli yang aman dan nyaman di Indonesia. Ide pendirian tersebut baru terealisasi pada tahun 2009, tepat pada tanggal 17 Agustus 2009 website Tokopedia diluncurkan secara publik dalam versi beta.
Sejak didirikan 5 tahun lalu, tepatnya pada 17 Agustus 2009, mal online Tokopedia mengaku belum mendapatkan keuntungan. Pasalnya, hingga saat ini layanan yang disediakan Tokopedia kepada setiap merchant atau toko online, masih gratis.
"Tokopedia akan tetap berkomitemen untuk menawarkan layanan gratis, yang mana bebas biaya pendaftaran dan bebas komisi transaksi bagi setiap pengusaha kecil hingga brand yang ingin membuka toko online," kata CEO Tokopedia, William Tanuwijaya kepada tim Tekno Liputan6.com di Hotel Le Meridien, Jakarta.
Lalu dari mana Tokopedia mendapat dana untuk tetap bisa bertahan? William memaparkan, pihaknya mendapatkan suntikan dana dari pemodal ventura dunia, seperti East Ventures, CyberAgent Ventures, Beenos, dan Softbank.
"Kami mendapatkan suntikan dana dari pemodal asing karena hanya mereka yang tertarik untuk menyuntikkan dananya ke perusahaan internet. Sebelumnya kami sudah berusaha untuk mencari pemodal lokal sejak tahun 2007, namun tidak ada yang tertarik," tambah William.
Tokopedia mengklaim dirinya sebagai mal online terbesar di Indonesia, yang memungkinkan setiap individu, toko kecil, dan brand untuk membuka dan mengelola toko online mereka secara mudah dan gratis. Tokopedia juga merupakan salah satu tech startup company asal Indonesia dengan tingkat pertumbuhan yang pesat.
Fakta dibalik nama tokopedia
Memulai bisnis internet, biasanya tidak lepas dari perburuan nama domain. Karena nama domain biasanya sekaligus menjadi nama produk yang dipasarkan. Perjalanan tokopedia pun tidak lepas dari itu.
Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya, pada awal lahirnya ide tokopedia, nama produk yang pertama tercetus adalah belanjaaman.com; dengan konsep menawarkan sistem “Belanja Aman” kepada para pelaku pasar transaksi jual-beli online di Indonesia. Nantinya katakan Nike membuka store di website tersebut, otomatis mendapatkan nama domain nike.belanjaaman.com. Harapannya, ketika membaca domain tersebut pengguna internet Indonesia langsung terbentuk mind-set “belanja aman produk nike di internet”. Ide tersebut luar biasa cheesy, sampai sayapun merasa malu untuk menceritakannya kembali :P
Leon dan YF tidak suka dengan nama domain tersebut, dan kamipun berusaha mencari sebuah nama yang orisinal. Nama pendek, tanpa arti, yang bisa dipasarkan dengan baik. Nama seperti Yahoo! atau Google.
Perjalanan mencari nama baru pun dimulai!
Dalam proses pencarian ide, apapun itu, saya paling banyak melakukannya di 2 aktivitas berikut:
Pertama, adalah (maaf) WC kantor. Saya pribadi percaya aktivitas ngeden berbanding lurus dengan peningkatan konsentrasi dan kreativitas. Bahkan, secara pseudo-science ini sudah terbukti lewat salah satu TV-Series populer Heroes. Salah satu tokohnya, Hiro Nakamura harus mengeluarkan ekspresi ngeden terlebih dahulu setiap ingin mengeluarkan kemampuan super nya. “Concentration & Creativity Booster” seperti itu tentunya sangat saya butuhkan. Apalagi, jika dipadukan dengan rangkaian chemistry yang terbentuk dari kelegaan melepaskan bagian-bagian makanan yang tidak lagi dibutuhkan oleh tubuh! Jackpot!
Nah, sepanjang tahun 2008 setiap saya ngeden di WC kantor, saat-saat itu tidak jarang, ada sekelebat ide yang lewat. Salah satunya adalah kopaja.com. Kopaja – toko apa saja, jualan apa saja! Buru-buru saya bersemangat mengutarakan ide ini kepada Leon. Tidak tega melihat antusiasme berlebihan saya, dengan sabar dan hati-hati, Leon pun memberikan saya pencerahan, bahwa:
Kopaja itu nama koperasi, Koperasi Angkutan Jakarta. Bisa dituntut nantinya.
kopaja.com juga sudah teregistrasi. Jadi kalaupun bukan nama koperasi, ga bisa dipakai.
Setelah ide kopaja yang gagal, sempat terbersit ide dari (ntah Leon / Albert) soal nama indowebstore.com. Hanya saja takut disalah artikan sebagai produk dari PT. Maxindo Mitra Solusi yang sudah sangat populer di tanah air, indowebster. Jadinya kami pun terus berputar otak mencari nama yang lebih sesuai.
Tempat kedua mencari ide, adalah dalam perjalanan pulang kantor naik ojek langganan. Yang kenal saya secara pribadi, pastilah tahu saya adalah seorang yang tidak memiliki sense-of-direction. Jika ditinggal di tengah kota Jakarta, selain di mal-mal besar yang ada blue-bird nya, saya pasti tidak tahu cara untuk pulang.
Sebenarnya penyebab terbesar saya tidak mempunyai sense-of-direction yang baik, karena setiap di jalan, saya tidak pernah memperhatikan jalan. Pikiran otomatis melamun, menerawang jauh kemana-mana.
Di tempat kedua inilah pada akhirnya ide nama Tokopedia itu datang. Idenya, website e-commerce ini diharapkan menjadi ensiklopedia toko-toko online di Indonesia. toko + ensiklopedia = tokopedia. Catchy!
Sesampai di rumah saya langsung memeriksa domain tokopedia. Semua masih available, baik .com, .net, .org, .info, dan seterusnya. Besoknya saya langsung mengutarakan ide soal tokopedia, hanya saja ada kekhawatiran dari team, terkesan plagiat dan kurang orisinal. Pasalnya, sudah ada wikipedia yang luar biasa populer.
Search Engine Killed the Domain Name Star
Setiap hari di belahan dunia manapun, ada ribuan orang dengan ide-ide baru yang mengukuhkan idenya dengan cara reserve nama domain. Khawatir nama domain tokopedia di klaim oleh pihak lain, akhirnya pada tanggal 30 Mei 2008, kami membeli nama domain tokopedia.com untuk berjaga-jaga sembari mencari nama ide baru.
Di dunia, sempat populer istilah “video killed the radio star”. Di dunia internet, ada istilah “search engine killed the domain name star”. Apa maksudnya?
Ketika bisnis dot-com meledak di tahun 90-an, banyak sekali spekulan domain yang pekerjaannya berburu domain untuk kemudian dijual kembali dengan harga mahal ketika ada perusahaan dengan ide yang membutuhkan nama domain tersebut. Hal ini sebenarnya masih terjadi sampai detik ini. Hanya saja setelah era Google lahir, peralihan trend pengguna internet dalam mencari informasi pun berubah. Dulunya, nama domain sangat vital, karena banyak sekali orang yang menginput nama domain untuk mencoba melihat apa isi websitenya. Setelah Google lahir, trend pencarian informasi berubah. Orang mencari informasi yang dibutuhkan, dan apapun nama domainnya asal isi contentnya relevan, orang akan mengunjunginya. Jika dianalogikan dengan dunia nyata, restoran, asal menunya enak, mau di dalam gang kecil pun tetap dicari orang.
Dengan filosofi restoran itu, akhirnya kami pun siap maju dengan nama Tokopedia. Seperti restoran dalam gang, dimana masakan yang enak lah yang dijual, bukan lokasi restorannya; maka di Tokopedia, biar isi content nya lah yang menjadikan tokopedia terkenal nantinya, bukan nama domainnya.
Perusahaan Internet Indonesia dengan Visi Global
Tokopedia merupakan perusahaan internet pertama asal Asia Tenggara yang berhasil mendapatkan kepercayaan pendanaan sebesar 100 juta Dollar dari SoftBank dan Sequoia Capital. SoftBank merupakan investor di balik kesuksesan Alibaba, sementara Sequoia Capital merupakan investor di balik kesuksesan Apple & Google.
Kepercayaan yang didapat Tokopedia menjadi milestone penting karena Indonesia tidak lagi dipandang sebagai negara pasar, namun telah dianggap mampu menjadi produsen, melahirkan perusahaan kelas dunia yang mampu bersaing secara global.

1.    Profile Perusahaan
Company Name : Tokopedia
Contact Information
Address : Rukan Permata Senayan Blok E no 8 Jl Tentara Pelajar Kebayoran Lama
Website : www.tokopedia.com

STRUKTUR ORGANISASI
Direktur Strategi Pemasaran                     : DJUANDI KURNIAWAN
Direktur Relasi dan Investasi                    : HENDRIK
Kepala Divisi Gudang & Persediaan           : JOKO SETIYANTO
Kepala Divisi Keuangan dan Akuntansi       : ELISABETH
Kepala Divisi Operasional & Pengemasan   : JOSEPH
Kepala Divisi Personalia dan kepegawaian  : HANA KURNIAWATI
Kepala Pelayanan Pelanggan & Penjualan   : DJUANDI KURNIAWAN 

2.    Bidang TIK
Tokopedia adalah perusahaan sebuah perusahaan internet yang bergerak pada bidang jasa untuk  membantu orang lain melakukan e-commerce dengan mudah dan aman. 

Jenis Produk yang ditawarkan tokopedia antara lain :


Pakaian
Fashion & Aksesoris
Kecantikan
Kesehatan
Rumah Tangga
Dapur
Perawatan Bayi
Handphone & Tablet
Laptop & Aksesoris
Komputer & Aksesoris
Elektronik
Kamera, Foto & Video
Otomotif
Olahraga
Office & Stationery
Souvenir, Kado & Hadiah
Mainan & Hobi
Makanan & Minuman
Buku
Software
Film, Musik & Game


Hingga Januari 2015, terhitung lebih dari 1.200 kategori produk tersedia di Tokopedia.com.

Sistem Pembayaran
Sistem pembayaran di Tokopedia.com menggunakan sistem Rekening Bersama atau escrow. Dalam hal ini, Tokopedia.com berperan sebagai pihak ketiga yang menengahi antara penjual dan pembeli, sehingga dapat meminimalisir terjadinya tindak penipuan.
Hingga awal tahun 2015, terdapat 5 metode pembayaran yang dapat digunakan untuk bertransaksi di Tokopedia.com, antara lain Saldo Tokopedia, Transfer Bank serta pembayaran instan seperti Mandiri ClickPay, Mandiri E-Cash dan BCA KlikPay.

3.    Luas Lingkup Area Bisnis
Wilayah
Ruang lingkup wilayah dari Layanan tokopedia.com  telah memungkinkan ratusan ribu UKM Indonesia mengirimkan jutaan produk per bulannya kepada para pelanggannya di seluruh Indonesia. 

Jumlah Karyawan
Tokopedia memiliki karyawan sebanyak 331 orang.

4.    Besar Omset Tokopedia
Pendanaan dari Tokopedia
Sejak pendiriannya lima tahun lalu, Tokopedia selalu mendapat investasi per tahunnya. Tokopedia mendapatkan pendanaan awal dari PT Indonusa Dwitama (2009), East Ventures (2010), CyberAgent Ventures (2011), NetPrice (2012), Softbank Ventures Korea (2013), dan baru-baru ini kembali mendapatkan pendanaan dari SoftBank dan Sequoia Capital (2014).

Pendanaan terbaru Tokopedia ini bahkan bernilai fantastis yakni sebesar USD 100 juta! Dengan nilai pendanaan tersebut, Tokopedia mencatat rekor sebagai startup teknologi yang mendapatkan pendanaan (yang diumumkan ke publik) terbesar dalam sejarah startup Indonesia dan bahkan Asia Tenggara (setidaknya seperti yang diklaim William di blog resmi Tokopedia).

Valuasi lebih dari USD 20 juta
Pertumbuhan Tokopedia yang signifikan juga mempengaruhi valuasinya. Tahun lalu saja, marketplace yang melakukan monetisasi dari biaya langganan pedagangnya ini mempunyai valuasi senilai USD 20 juta (atau sekitar Rp 241,16 miliar). Itu merupakan angka valuasi tahun lalu, dengan semakin bertumbuhnya Tokopedia, angka tersebut kemungkinan semakin membesar.

5.    Fakta yang menarik dari tokopedia
a. Tokopedia adalah website bisnis atau jual beli buatan Indonesia. William Tanuwijaya adalah penemu, pembuat sekaligus pengembangnya.
b. Tokopedia adalah website bisnis yang sangat menarik dan menginspirasi. Mengapa? Karena Tokopedia berusaha untuk tidak membuat sekat dengan para konsumennya, melalui cerita – cerita dan beberapa fitur yang khas di dalamnya.
c. Tokopedia memiliki tiga (3) fitur yang tidak dapat ditemui di website bisnis ataupun jual beli lainnya. Fitur tersebut antara lain; Success story, dimana fitur ini menjadi wadah berbagi inspirasi kisah sukses dari seseorang yang telah sukses khususnya di Tokopedia; Behind the Scene, dimana fitur ini Tokopedia berusaha trransparan dengan konsumennya, yaitu dengan menunjukkan bagaimana Tokopedia bekerja, bagaimana kekompakkan timnya, dan lain – lain; dan fitur kisah berdirinya Tokopedia, dimana fitur ini menjadi wadah untuk berbagi cerita mengenai sejarah berdirinya Tokopedia beserta suka dukanya. Hal ini tentu menginspirasi siapapun yang membacanya, serta menjadikan konsumen atau user Tokopedia lebih merasa dihargai.
d. Pada enam bulan pertama diluncurkan, Tokopedia langsung menjaring 23 ribu lebih anggota aktif, dengan 2500 toko di dalamnya, dan menawarkan 42 ribu produk baik barang ataupun jasa.
e. Ide membentuk online market place seperti Tokopedia ini bermula dari pengamatan William bersama rekan – rekannya atas fenomena SMS Content dan SMS Broadcasting. Apa itu SMS Content dan SMS Broadcasting? SMS Content ialah SMS yang biaya pengirimannya dikenakan pada penerima SMS. Anda ingat tren ketik REG spasi SESUATU, seperti itu? Ya, itulah SMS Content. Sementara SMS Broadcast ialah SMS yang berisikan informasi dan biayanya dikenakan pada si pengirim SMS. Biasanya yang melakukan SMS Broadcast ini ialah suatu instansi ataupun perusahaan yang ingin mempromosikan produknya.
f. Sebelum membangun Tokopedia, pemilik Tokopedia yaitu William Tanuwijaya bekerja sebagai IT & Businees Development Manager. Sungguh menginspirasi karena ia bisa memutar otaknya dengan menyajikan sebuah terobosan baru di dunia bisnis yang disesuaikan dengan bidang kerja yang digelutinya.
g.  Brainstorming pertama kali mengenai ide membuat online market place yang akhirnya diwujudkan dalam Tokopedia ini.
h.  Inspirasi dari mendirikan Tokopedia, adalah website Amazon dan Napster. Pendiri Tokopedia menganggap Amazon dan Napster adalah ide yang usang. Namun berkat kegigihan dan tekadnya, ide tersebut bisa dikembangkan menjadi website yang menarik, orisinil dan sesuai dengan masyarakat Indonesia.

6.    Tampilan Tokopedia



7.    Youtube 6 tahun Tokopedia


Sumber :




Komentar

  1. Tagged "Tennis" in "Tennis" and "Iron" in the Art of Design
    T-Tennis: The titanium flash mica T-Train. Tennis titan metal is titanium chainmail the sportsbook for professional titanium sheet golfers. Tennis is the titanium white octane blueprint most prestigious sport and the

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer