Tugas softskill Web Science

1. Definisi Web Science 
Sejarah Web:
Penemu situs web adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, dan pada tahun 1991 situs web baru tersambung dengan jaringan internet untuk pertama kalinya.
pada tahun 1980, Tim merupakan kontrakdor independen di sebuah organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN), Swiss, yang di bangun oleh Enquire untuk database pribadi dan model software.
pada tahun 1984 Tim kembali ke CERN. Maret 1989, Dia menulis sebuah proposal  untuk "database hypertext besar dengan link diketik", tapi itu dihasilkan bunga kecil. Bosnya, Mike Sendall, mendorong Berners-Lee untuk mulai menerapkan sistemnya pada suatu yang baru diperoleh NeXT workstation.

Pre-Web adalah masa atau era sebelum WWW.

Memex adalah singkatan dari "memori" dan "index". Memex, nama dari sistem proto hypertext hipotetis yang di jelaskan oleh vannevar bush pada Artikel Atlantic Monthly As We May Think (AWMT) tahun 1945.  Bush membayangkan memex sebagai perangkat di mana individu akan mengkompres dan menyimpan buku, catatan dan komunikasi. memex mempengaruhi perkembangan awal hypertext sistem (mengarah ke penciptaan World Wide Web) dan basis pengetahuan personal software.

Hypertext adalah hubungan dengan dokument lain yang menglink sebuah informasi. hypertext sendiri sudah ada sejak tahun 1960-an. Tapi pada tahun 1992 hypertext pertama kali digunakan, implementasi yang paling terkenal hypertext adalah World Wide Web. 

Internet adalah Jaringan komputer yang saling terhubung, menggunakan sistem standart global transmission control protocol/internet protocol suite yang lebih kita kenal dengan TCP/IP. 
Internet merupakan jaringan komputer yang dibuat pada tahun 1969 oleh  Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang disebut ARPANET(Advanced Research Project Agency Network). ARPANET merancang bentuk jaringan dan pada akhirnya pembangunan protokol baru yaitu TCP/IP.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu. ARPANET diperkenalkan pada publik pada oktober 1972. pada saat itulah ARPANET berkembang pesat dan dibagi menjadi 2 yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer.

usenet adalah Singkatan dari user network, usenet merupakan Sistem diskusi Internet yang terdistribusi secara global. Sistem ini dikembangkan dari arsitektur serbaguna UUCP dari nama yang sama. Di dalamnya ditampilkan berbagai atikel yang disebut News dalam berbagai topik dan kategori. usenet merupakan salah satu jaringan tertua yang dilayani oleh internet. 
pada tahun 1979 usenet didesain awal untuk Duke University dan kemudian dikembangkan lagi setahun kemudian oleh Duke University dan North Carolia University. 
tujuan utama dari USENET adalah untuk bertukar pesan teks (text message) di antara node (komputer yang terhubung pada jaringan). USENET telah tumbuh untuk mencakup berbagai macam forum dan juga newsgroup, dalam jumlah puluhan ribu node yang terhubung.

FTP adalah File Transfer Protocol, merupakan jaringan standar yang digunakan untuk mentransfer file dari satu host ke host lain melalui jaringan berbasis TCP.
FTP dibangun pada arsitektur client-server, aplikasi ini sudah dikembangkan sebelum OS berbasis GUI. FTP dapat berjalan dalam mode aktif atau pasif, yang menentukan bagaimana koneksi data didirikan. 

gopher adalah merupakan protokol layer aplikasi dari tcp/ip yang dirancang untuk distribusi, pencarian dan pengambilan dokumen melalui internet. protokol Gopher disajikan menarik untuk alternatif World Wide Web.


Web 1.0 
merupakan halaman statis dari HTML sehingga pengunjung hanya dapat "searching" atau "browsing" tanpa dapat meningalkan komentar.
Beberapa ciri khas dari situs Web 1.0 termasuk:
1. Halaman statis, bukan dinamis pengguna-konten yang dihasilkan.
2. Penggunaan framesets.
3. Milik HTML ekstensi seperti dan tag diperkenalkan pada awal perang browser.
4. Online guestbook.
5. GIF tombol, biasanya 88×31 piksel dalam ukuran web browser dan mempromosikan produk lain.
6. Pengguna akan mengisi formulir, dan setelah mereka mengklik mengirimkan email klien akan mencoba untuk mengirim email yang berisi formulir rincian.


Web 2.0
muncul pada tahun 2003/2004 dimana memperbaiki kekurangan web 1.0, pada web 2.0 ini pengunjung dapat berkomunikasi 2 arah.
beberapa ciri web 2.0 :
1. Web sebagai platform
2. Data sebagai pengendali utama
3. Efek jaringan diciptakan oleh arsitektur partisipasi
4. Inovasi dalam perakitan sistem serta situs disusun dengan menyatukan fitur dari pengembang yang terdistribusi dan independen (semacam model pengembangan “open source”)
5. Model bisnis yang ringan, yang dikembangkan dengan gabungan isi dan layanan
6. Akhir dari siklus peluncuran (release cycle) perangkat lunak.
7. Mudah untuk digunakan dan diadopsi oleh user
8. Teknologi yang dipakai adalah AJAX
10. Teknik yang digunakan
1. Memanfaatkan CSS (Cascade style to) untuk bahan isi dan presentasi
2. Falksonomi (metoda penandaan content dimana dengan konsep ini dimunculkan kata-kata yang berkaitan dengan content tersebut).
3. XML
4. Teknik Aplikasi Internet
5. HTML dan valid XHTML (eXtensible HyperText Markup Language).
6. Mendukung posting ke Weblog-publishing tools
7. Wiki atau forum software,dll
8. Microformat
9. MS ClickOnce
10. Teknik Rich Application seperti Ajax
11. Java Web Start
12. Flex/Lazlo/Flash
13. XUL
14. Syndikasi data dengan RSS/Atom
15. Agregasi dari RSS/Atom
16. URL yang bersih dan berarti
17. Menggunakan API REST (Representational State Transfer) atau XML Web Service
18. aspek jaringan social


Web 3.0
merupakan sarana bagi mesin untuk membaca halaman-halaman web.Keunikan dari Web 3.0 adalah konsep dimana manusia dapat berkomunikasi dengan mesin pencari. Kita bisa meminta Web untuk mencari suatu data spesifik tanpa bersusah-susah mencari satu per satu dalam situs-situs Web. Konsep dari web 3.0 adalah :
1. Realisasi Semantic Web
2. Evolusi 3D
3. Web sebagai Database
4. Executable

Dampak Pada Pertumbuhan Sosial dan Ekonomi 
> Sosial < 
menurut saya dampak dari perkembangan web dan internet saat ini mempermudah untuk saling berkomunikasi antar daerah, wilayah, negara maupun benua. mempermudah untuk saling bertukar informasi dan document. Tapi memiliki dampak buruk juga, dampak buruknya terkadang manusia itu sendiri terjebak dalam dunia maya dan tidak mau bersosialisasi secara langsung, mereka lebih suka pada dunia maya yang terkadang identitas pengguna tersebut dapat dipalsukan.

>Ekonomi<
menurut saya dampak bagi perekonomian adalah mudahnya orang memasarkan produk-produk secara mudah jadi sebagai lahan untuk iklan juga, bisa juga untuk memberikan keterangan dalam jual beli.

Web Science dan Metodologi Web Science

>Web Science<
Web science adalah ilmu pengetahuan untuk membuat dan memanipulasi web. Web adalah kumpulan halaman yang dapat menampilkan informasi berupa gambar, animasi, tulisan, suara maupun gabungan dari keseluruhannya yang bersifat statis atau dinamis yang dapat membentuk rangkaian yang saling terkait yang dihubungkan dengan banyak link. Science adalah ilmu pengetahuan yang didapat dan bisa menjadi pengetahuan bagi masyarakat.
> Metodologi Web Science <

Web Science merupakan kajian sains dari Web. pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web dengan sampling Sebagai contoh laporan riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman (.de) melakukan perubahan setiap minggu. Model lain adalah metodologi model analisis yang mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi probabilitas. Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi.

2. Arsitektur Web dan Aplikasi Utama:
~ HTTP
Hypertext Transfer Protocol, sebuah protokol yang mendasari WWW. fungsi dari HTTP adalah menetapkan mekanisme standar untuk pertukaran ditingkat aplikasi antara perangkat di web.

~ HTML
HyperText Markup Language, merupakan bahasa standart yang di gunakan oleh browser untuk membuat halaman dan dokumen pada web. HTML juga dapat digunakan sebagai hyperlink dari link antar file dalam sebuah situs atau dalam komputer tersebut.

~ Internet
Merupakan jaringan komputer yang saling terhubung, menggunakan sistem standart global transmission control protocol/internet protocol suite yang lebih kita kenal dengan TCP/IP. 

~ Web Server
Merupakan software yg memberikan layanan data untuk menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien dan mengirimkan hasilnya dalam bentuk halaman web berupa HTML.

~ Browser
software yang dipergunakan untuk menjelajah dan mencari informasi atau data-data pada internet. macam-macam browser : google chrome, mozila firefox, opera, safari, Internet explorer dls.

~ Transactions
Data Transaction adalah segala macam proses DML, DDL, maupun DCL(Data Control Language) yang terjadi dalam database. Control Transaction memberikan kita fleksibilitas dan control dalam merubah data dan juga memastikan terjadinya kekonsistenan data.


  • User generated content : Dikenal juga dengan istilah consumer-generated media (CGM) atau user-created content (UCC), merupakan berbagai konten yang tersedia untuk umum yang di produksi oleh end user itu sendiri. UGC merupakan salah satu ciri dari web 2.0.
  • Blogs : merupakan aplikasi web, yang bertujuan untuk membuat postingan atau tulisan yang bertujuan untuk memberikan informasi. blog juga merupakan software yang gratis dapat digunakan dengan mudah karena kita tidak usah menggunakan bahasa HTML walaupun blog itu sendiri menyediakannya, jadi pengguna awam dapat menggunakan blog tanpa harus mengerti bahasa HTML.
  • Wikis : merupakan sebuah situs yang mengizinkan penggunanya menambah atau mengisi situs tersebut. situs wikis biasanya berisikan pengetahuan-pengetahuan umum.
  • Folksonomies : sebuah metode untuk menciptakan dan mengatur tag yangmenjelaskan dan mengategorikan content. Tag tersebut umumnya merupakanhyperlink yang akan mengarahkan Anda pada sekumpulan item yangberhubungan dengan tag tersebut. 
  • Social networks : kegiatan saling berhubungan atau berkomunikasi menggunakan sosial media atau jejaring sosial yang ada di internet.


• Semantic Web summary: 

merupakan teknik yang memungkinkan konten web untuk lebih dapat di mengerti komputer.  Istilah Web Semantik itu sendiri dicetuskan oleh Tim Berners-Lee.

> XML : Extensible Markup Language, merupakan bahasa mark up yang di sarankan oleh wwwc untuk membuat document untuk keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam

> RDF : Resource Description Framework, standar W3C  untuk mendeskripsikan Web resources, seperti title, author, modification date, content, dan copyright information dari Web page.

> OWL : Web Ontology Language, merupakan ontology yang bertujuan untuk digunakan oleh aplikasi yang memerlukan prose dari isi informasi dari pada tampilan informasi.

> Microformats : merupakan cara untuk menambahkan penanda sederhana agar manusia mudah membacanya seperti peristiwa, kontak atau lokasi pada halaman web, sehingga informasi tersebut dapat di ekstrak melalui indexnya.

> Microdata : digunakan untuk sarang simentik pada konten di halaman web. Microdata membantu teknologi seperti mesin pencari dan web crawler lebih memahami informasi apa yang terkandung dalam halaman web, menyediakan hasil pencarian yang lebih baik.

• Web security

merupakan cara untuk mengamankan aplikasi web yang di kelola. berfungsi untuk melindungi komputer anda dari serangan hacker, virus, spyware ataupun malware yang berbahaya.

3. Pengelolaan Web
• Institusi: 

W3C : world wide web consortium adalah badan untuk word wide web. W3C bekerja dengan komunitas global untuk membuat standard internasional client dan server yang memungkinkan perdagangan dan komunikasi online melalui internet.

IETF : Internet Engineering Task Force, sebuah organisasi yang menjaring banyak pihak yang memiliki ketertarikan dalam pengembangan jaringan komputer dan internet.

ICANN : Internet Corporation for Assigned Names and Numbers, merupakan organisasi nirlaba yang didikan untuk bertanggung jawab atas alokasi ruang alamat  IP, pemberian parameter protokol, manajemen sistem nama domain, dan manajemen sistem root server.


Hukum privasi & Hukum hak cipta Copyright


    hukum privasi : merupakan hak atas pembatasan pengadaan suatu ciptaan pada suatu lingkup atau ruang tertentu.

    hukum hak cipta Copyright : hak cipta untuk mengatur penggunaan hasil gagasan atau informasi tententu. hak cipta merupakan hak untuk menyalin suatu ciptaan, hak cipta merupakan salah satu jenis HAKI namun hak cipta berbeda dari HAKI, karena hak cipta bukan merupakan hak monopoli untuk melakukan sesuatu, melainkan hak untuk mencegah orang lain yang melakukannya.


    • 
    Prinsip dan serangan : Jaringan kesetaraan (netral) & sensor
    keamanan merupakan sesuatu yang wajib kita punya saat membuat suatu website, karena semua itu akan sia-sia jika website yang kita gunakan diserang oleh hacker. 

    Tingkat dan tipe yang diperlukan untuk aplikasi kita akan berbeda-beda bergantung bagaimana aplikasi itu bekerja, tipe dan nilai data yang disimpan, jumlah resiko yang biasa dihadapi, usaha, serta biaya yang dipakai untuk menghasilkan aplikasi yang aman. Misalnya, pengamanan yang dibutuhkan untuk web perorangan akan sangat berbeda dibanding untuk situs perusahaan atau situs e-commerce.

    • Kasus pada Syrian Internet Army


    The Syrian Electronic Army (SEA), atau juga dikenal sebagai Syrian Electronic Soldiers, adalah kumpulan hacker komputer yang mendukung pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad. Menggunakan serangan denial of service, perusakan, dan metode lainnya, terutama menargetkan kelompok oposisi politik dan situs barat, termasuk organisasi berita dan kelompok hak asasi manusia. Tentara Elektronik Suriah adalah publik pertama, tentara maya di dunia Arab untuk secara terbuka melancarkan serangan cyber pada lawan-lawannya, meskipun sifat yang tepat dari hubungan dengan pemerintah Suriah tidak jelas.
    Serangan elektronik (peretasan) terhadap web site barat dapat menjadi salah satunya dan pembenaran untuk tindakan balasan ke pihak Suriah. Walau tidak dapat menjadi pembenaran untuk invasi militer, tapi hal ini dapat membuka front perang cyber secara besar-besaran, yang mungkin saja akan diakhiri oleh invasi militer.
         Hanya saja, perlu diamati dengan cermat pernyataan para pejabat anggota NATO di media, bahwa mereka cenderung kompak. Berbeda dengan kondisi tahun 2003, dimana struktur komando NATO terpecah, karena Perancis dan Jerman menentang invasi ke Irak, hal itu tidak terjadi pada kasus Suriah.
    Jika memang situasi semakin memanas, bukannya tidak mungkin NATO akan memutuskan invasi militer, seperti yang terjadi pada kasus Lybia. Di sisi lain, pihak Rusia dan China, sebagai anggota tetap dewan keamanan PBB, selalu secara tegas menolak setiap ide pihak barat untuk melakukan invasi militer.
    Hanya saja, apakah veto Rusia dan China bisa mencegah invasi, hal itu adalah tanda tanya besar. Veto mereka terbukti tidak efektif dalam mencegah invasi Amerika Serikat dan Inggris ke Irak pada tahun 2003.
    Satu hal yang perlu dicatat, bahwa jika memang akhirnya invasi terjadi, maka semua itu dimulai dengan perang cyber, yang sudah terjadi sejak tahun 2011.

         Bagaimanapun, kita semua tidak pernah setuju akan terjadinya perang, karena sudah pasti akan jatuh korban rakyat/sipil yang tidak berdosa. Meletakkan senjata dan maju ke meja perundingan selalu adalah solusi yang terbaik bagi semua pihak.


    Web Content
    • Media dan standar
    Media : merupakan konten yang dapat di sampaikan melalui media apapun seperti internet, tv, cd, dls. Konten (media) digunakan untuk mengidentifikasi dan menilai berbagai format dan genre informasi yang dikelola sebagai nilai tambah, dan media komponen.

    Standar : merupakan suatu keharusan untuk mendefinisikan dan mengambarkan aspek pada WWW. istilah ini biasanya untuk membangun situs web dan desaign web serta pengembangan metode-metode.

    Standar web, dalam arti yang lebih luas, terdiri dari:
    Recommendations published by the World Wide Web Consortium (W3C)
    Internet standard (STD) documents published by the Internet Engineering Task Force (IETF)
    Request for Comments (RFC) documents published by the Internet Engineering Task Force
    Standards published by the International Organization for Standardization (ISO)
    Standards published by Ecma International (formerly ECMA)
    The Unicode Standard and various Unicode Technical Reports (UTRs) published by the Unicode Consortium
    Name and number registries maintained by the Internet Assigned Numbers Authority (IANA)

    • Bahasa dan keberagaman budaya
    Banyak bahasa yang di pergunakan dalam penggunaan web diantarannya ada HTML, joomla, java, bahasa C, C++, PHP, dll. Tapi yang sering digunakan dalam pembuatan web biasa bahasa HTML, PHP dan HTML5.

    • Model Generative 
    Secara tradisional, objek 3D dan dunia virtual ditentukan oleh daftar geometris yang terdahulu : kubus dan bola di bentukan CSG, NURBS patch, satu set fungsi implisit, segitiga, atau hanya dengan sebuah titik.

    Istilah ‘generatif model’ menjelaskan perubahan paradigma dalam deskripsi bentuk, generalisasi dari objek yang dioperasikan

    • Model Retorika di Web 
    Rhetorical Web adalah fitur yang signifikan dari WWW ,  bahwa hiperlink bisa mengoperasikan secara semantik dan navigational . Di sisi lain , tautan (link) menyarankan asosiasi yang berarti antara halaman web dan isi dari halaman web , dan bisa memfasilitasi  ciptaan tropis (tropic creation) yang berguna.

    • Web annotations (Tagging, metadata, Rich Snippets)
    Tagging
    Tagging adalah kata yang belum lama dilahirkan. Dahulu sebelum ada tagging, dunia informasi yang ada di internet berserakan dan tidak tersusun berdasarkan kategorinya.

    Metadata
    Metadata adalah informasi terstruktur yang mendeskripsikan, menjelaskan, menemukan, atau setidaknya membuat menjadikan suatu informasi mudah untuk ditemukan kembali, digunakan, atau dikelola. 

    Rich Snippets
    Rich snippet adalah tampilan hasil pencarian yang di-markup sehingga terlihat lebih menarik. Rich snippet sama sekali tidak mempengaruhi peringkat, hanya membantu pengguna Google untuk memilih sebuah hasil dengan informasi yang anda berikan. 

    ======================================================================
    Sumber : 
    http://faris6593.blogspot.com/2013/03/sejarah-web-dan-web-science.html#ixzz33VjRhKZs
    http://febbri-grunge.blogspot.com/2014/03/sejarah-web.html
    http://faris6593.blogspot.com/2013/03/sejarah-web-dan-web-science.html
    http://hilmandroid.blogspot.com/2014/04/web-science-dan-sejarah-web.html
    http://indraspamungkas.wordpress.com/2013/04/01/pre-web-memex-usenet-gopher-ftp-dan-internet/
    http://andrer17.blogspot.com/2013/03/web-science-metodologi-web-science.html
    http://dailyhilman.blogspot.com/2013/03/web-science-metodologinya.html
    http://www.jaringankomputer.org/pengertian-http-fungsi-cara-kerja-http/
    http://konteseoblog.blogspot.com/2010/04/html-adalah.html
    http://worldfriend.web.id/pengertian-web-server
    http://risnotes.com/2012/02/database-transaction/
    http://www.tanyapedia.com/apa-itu-user-generated-content/#.U4zmyfmSzik
    http://komputermylife-yourlife.blogspot.com/2013/06/arsitektur-web.html
    http://id.wikipedia.org/wiki/Web_semantik
    http://tantanoxavia.wordpress.com/2014/05/07/aplikasi-utama-dalam-arsitektur-website-semantic-web-summary-xml-rdf-owl-microformats-microdata-dan-web-security/
    http://tantanoxavia.wordpress.com/2014/05/07/aplikasi-utama-dalam-arsitektur-website-semantic-web-summary-xml-rdf-owl-microformats-microdata-dan-web-security/
    http://aswendy.wordpress.com/2014/04/23/pengelolaan-web/
    http://ichsanoctama.wordpress.com/2014/05/04/pengelolaan-web/
    http://211093awan.wordpress.com/2013/07/04/tugas-keempat-softskills-semester-4-web-content-structure-web-analysis-web/



    Komentar

    Postingan Populer